Jan 04

1. Dell Corp. merupakan organisasi  yang secara konsisten mencapai nilai (value) tinggi atas
investasi teknologi informasi yang mereka miliki, dan juga konsisten menjalankan visi dan
misi mereka untuk menjual PC dengan cara direct selling kepada customer.

Ada beberapa karakter yang dimiliki Dell Corp yang menunjang implementasi dari
Knowledge Management

  • Manajemen puncak (Michael Dell)memiliki komitmen terhadap Teknologi Informasi.
  • Knowledge Culture yang diterapkan, seperti standar pelayanan yang sama di lebih 170
    negara dan online store.
  • Relatif kecil atau bahkan tidak ada turbulensi politik di dalam perusahaan.
  • Lebih banyak pengguna sistem yang dipuaskan.
  • Integrasi dalam perencanaan bisnis dan Teknologi Informasi.
  • Lebih berpengalaman dalam memanfaatkan Teknologi Informasi.

Organizational networking yang dibangun oleh Dell Corp dipengaruhi oleh kesuksesan direct selling yang merupakan suatu terobosan dalam dunia industri PC saat itu, kesuksesan direct selling tidak hanya di Amerika namun menyebar ke lebih 170 negara lainnya. Dengan masuknya era internet, Dell Corp merambah pasar lebih luas lagi, hasilnya pada kuartal pertama tahun 1997, Dell melaporkan penjualan on-line harian sebesar US$1 juta.

Kemajuan Dell dalam KM terlihat dari implementasinya Dell- On-Line, dimana transaksi sekaligus promosi dilakukan dengan website tersebut. Penjualan yang terlihat dari Dell online tersebut termasuk angka yang sangat tinggi perharinya, mencapai US$1juta, dan terus meningkat pertahunnya. Dell sukses dalam organizational learning dan networking, dimana hal tersebut dapat dilihat dari penjualannya, dan proses Dell dalam melakukan penyebaran market secara global, salah satu caranya adalah dengan mendekati beberapa pemasok besar yang ada di dunia, dan melakukan pendekatan langsung dengan customer. Ekspansi Dell termasuk salah satu ekspansi yang luas, karena dalam pendekatannya ke market global, Dell mengetahui informasi secara langsung apa yang dibutuhkan oleh customer. Strategi yang dijalankan Dell berjalan baik baik di Amerika maupun pasar global, dengan keuntungannya yang tidak bisa dibilang sedikit, dimaan ini menandakan kesuksesan Dell dalam organizational learning dan networking.

2. Dell menggunakan Portal(Advance Dashboar to view KM) yang bertipe gabungan antara  commerce portals dan consumer portal, yang di portal ini yang memfokuskan ke penjualan produk secara digital yang memang menyajikan informasi lengkap tentang penjualan atau produk-produk seperti halnya cataloge dari sebuah industry dengan mengakses langsung ke website Dell langsung yaitu www.dell.com.

Dan portal Dell tersebut juga dapat bersifat consumer portal, Jadi di sini konsumen yang mengakses adlah konsumen  yang akan memanfaatkan jasa portal untuk penelusuran informasi maupun bertanya langsung secara online melalui Dell Computer Corporation E-Support Services.

3. Dell merupakan salah satu perusahaan yang melakukan bisnis dengan berorientasi terhadap konsumer sejak dulu. Ini merupakan salah satu aspek yang penting dalam kemajuan industri di era new wave, dimana penjualan secara sistematis seperti 9 aspek pemasaran sudah tidak berlaku, melainkan Customer Management Relationship lah yang berlaku. Ini merupakan suatu nilai knowledge yang amat penting di dalam era sekarang, dimana customer merupakan titik awal pembuatan suatu produk dan arah kemana produk akan dibuat, dan dipasarkan. Hal ini yang diterapkan Michael Dell dari dulu dalam membangun Dell dan melebarkan sayapnya diberbagai negara.

Hal ini merupakan point KM yang dapat diterapkan hampir di segala negara yang berbeda, karena tiap negara memiliki pelanggan yang berbeda dari semua sisi, sehingga pendekatan ke arah konsumen merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi permasalahan pemasaran produk di berbagai negara. Bisa diambil kesimpulan bahwa, untuk menghasilkan produk yang baik dan laku dipasaran, perlu pendekatan terhadap calon kustomer yang ada, karena permintaan dari tiap kustomer pasti berbeda, apalagi di negara yang berbeda pula. Perusahaan harus dinamis dalam merancang sebuah produk dan memasarkannya, karena setiap detik permintaan dapat berubah seketika. Ini merupakan suatu nilai knowledge yang harus diterapkan di era new wave saat ini.

Leave a Reply