Jan 04

1.         Pada tahun 1983, Michael Dell yang berusia 18 tahun dan merupakan mahasiswa Texas University menyadari ambisinya untuk menjual komputer IBM-compatible yang dirakit dari komponen-komponen yang telah disediakan. Michael Dell  mulai menjual Personal Computer rakitan dan juga komponen tambahan untuk komputer dari kamar asramanya di University of Texas, Austin. Dari kamar inilah berdiri Dell Computer Corporation pada bulan Mei 1984 dengan modal awal uang sebesar US $1.000,

Perusahaan berkembang sangat pesat, sehingga pada bulan Juni 1988, Dell Corporation go public.

Michael Dell menjalani bisnisnya dengan keyakinan bahwa menjual komputer secara langsung ke konsumen dapat membantu lebih memahami kebutuhan konsumen dan mampu memberikan solusi efektif atas kebutuhan tersebut. Dell menjual secara langsung kepada pelanggan, berhadapan langsung dengan pemasok dan berkomunikasi secara langsung dengan karyawan, semua dilakukan tanpa perantara, Baik konsumen biasa atau korporasi multinasional tidak ada perbedaan. Dell merupakan konsultan dan akuntabilitas bagi para konsumennya.

Sepuluh tahun kemudian, Dell menduduki peringkat nomor dua dan yang paling cepat berkembang di antara semua perusahaan-perusahaan penyedia sistem komputer ternama di seluruh dunia dengan lebih dari 26.000 karyawan di seluruh dunia.

Kesuksesan Dell terletak pada strategi Direct Selling ke konsumen yang merupakan model revolusioner pada industri PC pertama di AS dan kemudian di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Perusahaan telah menetapkan standar biaya dan kinerja di seluruh dunia,

2.         Dell memegang peranan penting dalam perkembangannya di ekonomi global, terutama dalam industry computer. Dari wacana telah diketahui, Dell mengembangkan usahanya mulai dari Amerika, lalu menjalar keberbagai negara, termasuk China. Menurut Dell, China merupakan salah satu pasat terbesar. Pada saat ini, produk teknologi informasi Dell sudah lebih stabil dari sebelumnya, dan juga Dell mendapatkan keuntungan pada kuarter kedua Tahun 2010.

Dell menargetkan 5 sampe 7 persen keuntungan dari penjualan, karena tingginya market IT pada ekonomi global, dan hal ini secara signifikan juga menguntungkan buat Dell. Dell di market global merupakan salah satu perusahaan yang lebih mengutamakan customer pada proses penjualan (direct business-to-customer model), dimana hal tersebut merupakan point kuat dari Dell. Hal ini berbeda pada IBM,Compaq dan lainnya yang lebih mementingkan upgrade computer, dan konfigurasi untuk produknya,

Dell lebih condong membuat PC apa yang customer butuh. Oleh karena itu, Dell mendapat market tersendiri di ekonomi global, ketimbang Perusahaan lainnya. Berikut adalah point dari Dell terhadap penjualannya pada customer :

–           always listen to the customer

–           never sell indirectly

Dell merupakan perusahaan pertama yang membuat revolusi di industry computer, tentang direct business-to-customer model, dan 170 negara di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Dell menjadi patokan harga dan performa standart di dunia Industri Komputer Global. Saat ini sangat disayangkan, posisi Dell sebagai pengusaha laptop nomor dua sedunia telah direbut oleh Acer (sumber : http://www.detikinet.com/read/2009/10/30/140925/1231824/319/sukses-tundukkan-dell-acer-siap-bungkam-hp).

3. Fitur yang digunakan dalam hal dukungan teknologi dan implementasi Knowledge Management pada perusahaan Dell dapat diuraikan sebagai berikut.

Konsep Penjualan Langsung.

Perusahaan ini didirikan dengan konsep sederhana: bahwa dengan menjual komputer secara langsung kepada pelanggan, Dell bisa lebih memahami kebutuhan mereka dan memberikan solusi komputasi yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dell menjual langsung kepada pelanggan, berinteraksi langsung dengan pemasok dan berkomunikasi secara langsung dengan karyawan, semua tanpa perlu campur tangan perantara. Berhubungan langsung dengan pelanggan berarti bahwa Dell tahu persis apa yang pelanggan butuhkan. Sementara komputer IBM dirancang untuk memungkinkan ekspansi, konfigurasi ulang dan upgrade, Dell memilih untuk merancang komputer sesuai pesanan. Dell adalah produsen PC pertama yang menawarkan instalasi gratis aplikasi perangkat lunak sebagai layanan standar pilihan. Dengan demikian, Dell memastikan bahwa cara tersebut menjadikan pelanggan mereka lebih kuat, lebih mudah mengkonfigurasi sistem dengan biaya hemat dibandingkan pelanggan dari perusahaan pesaing. Alih-alih membuat teknologi hanya untuk kepentingan teknologi itu sendiri, pelanggan bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Banyak produsen PC telah jatuh ke dalam perangkap kesalahan dalam memperkirakan apa yang dibutuhkan pelanggan.

Situs www.dell.com.

Pada Juni 1994, Dell meluncurkan www.dell.com. Ini adalah fase pertama rencana Dell untuk berhubungan dengan pelanggan melalui situs jaringan. Kepada pelanggan, situs ini menyajikan produk dan daftar harga, semacam katalog online. Sejak bulan Juli 1996, para pelanggan Dell dapat mengkonfigurasi maupun memesan komputer secara langsung melalui situs Dell.

Penyesuaian Untuk Pelanggan.

Internet juga memberikan potensi besar untuk mempererat hubungan dengan pelanggan dan membuka kemungkinan baru untuk menjual. Melalui situsnya, Dell memperbaiki layanan kepada para pelanggannya dari tiap segmen. Dell menawarkan kapasitas, layanan dan konten yang disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan,
termasuk perusahaan-perusahaan komersial, pemerintah, lembaga pendidikan, perusahaan bisnis kelas kecil ataupun menengah dan pembeli perorangan. Untuk menarik pelanggan dari kalangan perusahaan, Dell membuat penyesuaian “Premier Pages” yang memungkinkan para pelanggan tersebut melakukan pembelian dari Intranet perusahaan itu sendiri. Microsoft adalah salah satu perusahaan yang menggunakan fasilitas Premier Page ini. Biasanya, perusahaan ini menerima sistemnya yang telah dikonfigurasi dalam waktu sekitar empat hari setelah order. Pesanan online dan konsep faktur elektronik seperti ini membantu Microsoft menghemat sekitar US $ 1 juta untuk biaya penyediaan pada tahun pertama. Belakangan ini, Perusahaan memperkenalkan “My Dell”, halaman Web yang disesuaikan untuk bisnis kelas kecil dan pengguna komputer rumahan.

Kelompok 3

1301061492 – Oktorio Rizki Prasetya

1301061504- Chandra Salim Winarno

1301061510Ismet Surya Kusuma

1301061473 – Agus Supriadi

Leave a Reply